• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dandim 0314/Inhil Hadiri Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu Sebagai Kesiapan Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024

    , September 23, 2024 WIB Last Updated 2024-09-23T11:22:32Z
    NARASIRIAU.COM - INHIL, Komandan Kodim (Dandim), Letkol Inf Fikky Nur Koncoro Jati diwakili oleh Perwira Seksi (Pasi) Inteldim, Letda Inf Sugianto menghadiri Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu Dalam Penegakan Netralitas Kepada Desa/Lurah Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Serentak Kepala Daerah yang digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hilir, bertempat di Gedung 3 Putri, Senin (23/09/2024).

    Kegiatan ini secara langsung di buka oleh Ketua Bawaslu Inhil Rustam, SH. serta dihadiri oleh Ketua Bawaslu Inhil Rustam, SH, Anggota Bawaslu Inhil Rahmaddian, S.Pd, Plt. Kepala Sekretariat Bawaslu Inhil Nurilla, SE, Asisten I Kabupaten Inhil Tantowi Jauhari, Dandim 0314/Inhil, Kejaksaan, Polres Inhil, Kesbangpol, Camat, Kepala Desa/Lurah Hilir serta Panwaslu Kecamatan.
    "Kepala Desa/Lurah dilarang untuk membuat Kebijakan/Keputusan yang dapat menguntungkan salah satu Pasangan Calon yang sedang ikut berkontestasi pada Pemilihan serentak tahun 2024. Peran Kades/Lurah sangatlah strategis oleh karena itu jangan berbuat yang berakibat hukum misalnya mengkampanyekan salah satu Paslon. Pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 Bawaslu Inhil telah memproses pidana 1 Kades karena telah Kampanye Calon," jelasnya.
    Adapun Ikrar Netralitas Kades/Lurah ini hendaknya tidak hanya sekedar kegiatan ceremonial saja namun wajib dilaksanakan dalam bentuk sikap Netral terhadap Paslon yang saat ini telah ditetapkan. "Dalam undang-undang no 1 tahun 2015 Pasal 71 ayat 1 menyebutkan bahwa Kepala Desa atau sebutan lainnya 
    Dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Paslon. Melalui kegiatan Deklarasi ini mari bersama-sama untuk tetap menjaga Netralitas jangan sampai terdapat Kepala Desa/Lurah dipanggil oleh Bawaslu Inhil karena tidak bersikap Netral.
    Dalam Kesempatan yang sama Dandim Letkol Inf Fikky Nur Koncoro Jati diwakili oleh Pasi Inteldim, Letda Inf Sugianto mengatakan bahwa Kodim 03/14Inhil siap akan menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan pilkada serentak di wilayah Inhil dan siap mensukseskan pilkada yang aman dan lancar.
    Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu ini juga berharap kedepannya dapat melahirkan proses demokrasi yang adil dan damai demi terwujudnya Pemilihan serentak yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil. (AP)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +