• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Penyuluhan dari Tim PPI Tentang CTPS dan Penggunaan Masker Serta Etika Batuk

    , Juni 21, 2024 WIB Last Updated 2024-07-09T16:56:27Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, UPT Puskesmas Sungai Piring lakukan penyuluhan dari Tim PPI tentang cuci tangan pakai sabun (CTPS), penggunaan masker dan etika batuk.

    Penyuluhan dari Tim PPI yang dipimpin oleh Dewi, Amd. Keb. Materi penyuluhan yaitu: cuci tangan pakai sabun (CTPS), Penggunaan masker dan etika batuk. (21/06/2024)

    Salah satu upaya untuk mencegah penyakit adalah dengan melakukan promosi kesehatan 6 langkah cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan etika batuk juga bersin. CTPS adalah cara paling gampang dan paling ampuh untuk mencegah terjadinya penularan penyakit.

    Dalam penyuluhan ini langsung dilakukan demonstrasi CTPS, penggunaan masker yang benar dan beretika serta dipraktekkan langsung oleh pasien. 

    6 langkah cuci tangan pakai sabun: 
    1. Basahi tangan, tuangkan sabun cair di telapak tangan kemudian gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
    2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
    3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.
    4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
    5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian 6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan. 

    Selain menggunakan sabun bisa juga menggunakan hand rub atau handsinitizer. Melakukan cuci tangan dengan air dan sabun jika tangan terlihat kotor sedangkan menggosok tangan dengan hand rub berbasis alkohol jika tangan tidak terlihat kotor.

    Batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh dan merupakan gejala atau reaksi tubuh terhadap infeksi di saluran nafas atau iritasi di tenggorokan karena adanya lender, debu, asap dan lain sebagainya. 

    Etika batuk dan bersin yang baik yaitu: 
    1. Tutup hidung dan mulut saat batuk/bersin dengan tisu atau lengan baju atas bagian dalam. Hal ini agar virus tidak menyebar ke udara dan menular ke orang lain. 
    2. Jika menggunakan tisu, segera buang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah. 
    3. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol. 
    4. Gunakan masker.

    Tujuan utama menjaga etika batuk dan bersin adalah mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (droplets) dan membuat kenyamanan pada orang di sekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan.

    Pasien cukup antusias dalam penyuluhan ini.Sumber penularan penyakit ini dimulai dari tangan dan batuk atau bersin sembarangan.Mari jaga kesehatan."Salam Sehat" "Salam Ceria".
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +