• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KPU Inhil Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

    , Januari 31, 2024 WIB Last Updated 2024-01-31T06:01:12Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula Hotel Top 5 Tembilahan pada Rabu (31/1/2024) pukul 08.00 WIB.

    Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Inhil, Nahrawi mengatakan bahwa pelaksanaan simulasi yang dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB.

    "Kegiatan simulasi ini merupakan nyata kegiatan di TPS. Rangkaiannya sama seperti pelaksanaan pemungutan suara. Diawali pengambilan sumpah oleh ketua KPPS untuk anggota KPPS, dilanjutkan dengan penyampaian tata cara pemilihan oleh ketua KPPS. Kemudian penghitungan berapa surat suara yang diterima KPPS dan pembukaan TPS untuk pemungutan suara oleh pemilih yang terdaftar dalam DPT," jelas Nahrawi.

    Dijelaskan pula bahwa dalam simulasi ini juga bertujuan agar pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 Februari 2024 dapat terlaksana sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

    Ketua KPU Inhil Herdian Asmi dalam wawancara kepada insan pers menyampaikan bahwa melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini, pihaknya telah siap melaksanakan tahapan proses pemilu tahun 2024.

    "Kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan kami, dan kepada masyarakat diimbau agar datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya, kami ingin memastikan bahwa petugas KPPS mampu melaksanakan tugasnya dengan lebih baik. Ini penting untuk memastikan kecakapan kemantalan petugas dalam melaksanakan tugasnya,” katanya" ujarnya.

    Dilanjutkan pula sebelum di serahkan surat suara, pengawas harus mengamankan Hanpone milik pemilih dan di letakan di meja ketua KPPS yang bertujuan untuk menjaga kerahasiaan pemilih, dan pengawas KPPS akan menjaga agar handphone nya  sampai pemilih selesai menggunakan hak suaranya.

    Ketua KPU Inhil juga berharap pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Inhil berjalan dengan baik, aman dan lancar. Serta tingkat partisipasi masyarakat bisa meningkat dari Pemilu sebelumnya.


    reporter: Ade Prasetia
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +