• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    KSOP Tembilahan Bersama Instansi Terkait Lakukan Pemantauan Arus Mudik Nataru 2023/2024

    , Desember 24, 2023 WIB Last Updated 2023-12-24T04:41:23Z

    NARASIRIAU.COM - INDRAGIRI HILIR, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Tembilahan (KSOP) bersama Instansi terkait Lakukan pemantauan kesiapan pelabuhan memasuki libur Natal 2023, libur Nasional dan Tahun Baru 2024. di Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Minggu (24/12/23) Pagi.

    Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Tembilahan, Capt. Suratno, S.E., M.M menjelaskan pada hari ini KSOP Kelas IV Tembilahan, Polsek KSKP Tembilahan, Basarnas, Satpolair, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Satpol-PP, Pelindo melakukan pemantauan dalam momen Natal, libur Nasional dan Tahun Baru untuk menciptakan transportasi aman dan nyaman bagi masyarakat.

    "Pada hari ini dari yang kita lihat, dapat disimpulkan daerah kita ini bukan daerah tujuan terkait dengan kegiatan Natal dan seterusnya, hanya saja kita terkena efek dikarenakan bersamaan dengan hari libur Nasional terkait juga dengan hari libur sekolah sehingga terjadi peningkatan jumlah penumpang walaupun belum adanya penambahan armada," ujarnya 

    Diketahui saat ini armada cadangan ada dua kapal, ini akan mengcover apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang, namun pada hari ini H-1 natal tidak terjadi lonjakan yang signifikan, hanya saja terjadi penambahan penumpang namun belum melebihi kapasitas yang disediakan oleh pelabuhan Tembilahan dan armadanya.

    "Untuk arus kedatangannya masih sama, kapasitas nya juga sama rata-rata diatas 60% - 90% tergantung hari, apabila mendekati karena kita bukan daerah tujuan natal sehingga tidak terlalu signifikan terjadi pada kita, baik arus kedatangan maupun arus keberangkatan lebih dominan kegiatan libur Nasional, baik itu Natal, Tahun baru dan libur sekolah," ujarnya

    Lebih lanjut dikatakannyaz sebagai antisipasi, KSOP juga telah melakukan perubahan yaitu verifikasi terhadap penumpang dengan memiliki nomor bangku.

    "Berdasarkan pengalaman yang kami miliki tim pelabuhan Tembilahan telah melakukan perubahan, yaitu dengan verifikasi penumpang dari dermaga selanjutnya, kami wajibkan penumpang memiliki nomor bangku, sehingga identifikasi kepada para penumpang itu lebih mudah untuk kami mengetahui nya, karena dari kapasitas tempat duduk ini kami bisa memastikan kondisi kapal yang sebenarnya," ujarnya

    Terkait persiapan kelayakan telah dilakukan pemeriksaan sebelum angkutan Natal dan Tahun Baru Kemenhub dilaksanakan yaitu sebelum di tanggal 18 Desember.

    "Kepada seluruh kapal, kapal yang beroperasi di pelabuhan Tembilahan yang berangkat maupun yang tiba ini telah dilakukan cek, sehingga kita berharap kejadian-kejadian yang sebelumnya tidak akan terjadi lagi di Natal dan Tahun Baru 2024 ini," ujarnya

    Kemudian pada kesempatan yang sama, Kapolsek KSKP Tembilahan Iptu Fauzan Putra Hantama, S.A.P menambahkan sesuai instruksi pimpinan telah melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap masyarakat penumpang yang akan bertolak menuju kepulauan Riau maupun sebaliknya pada hari ini.

    "Pada hari ini kami melakukan pengamanan serta pengawasan terhadap masyarakat bersama seluruh stakeholder terkait, kami terus melakukan pengawasan terhadap keamanan barang, kenyamanan penumpang sampai dengan pelaksanaan dikapal sebelum keberangkatan," tukasnya

    Selain itu, Kapolsek juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan menjadi penumpang yang akan bertolak maupun yang datang.

    "Kami menghimbau agar tetap mengutamakan keselamatan, ikuti petunjuk-petunjuk yang ada dari petugas kami, dan dari kru kapal, kemudian pastikan barang bawaan tetap dalam jangkauan, tetap dalam pengawasan kita jangan sampai tertinggal dan segala macamnya," tutupnya.

    Reporter: Ade Prasetya 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +