• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Inhil Capai UHC 96,44 Persen, Ini Harapan Kadinkes Inhil

    , Oktober 14, 2023 WIB Last Updated 2023-10-14T11:05:24Z
    NARASIRIAU.COM - INHIL, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Pemkab Inhill) Launching Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta Bagi Masyarakat Kabupaten Inhil, Sabtu (14/10/2023) pagi.

    Launching UHC digelar di aula gedung engku kelana Tembilahan pada Sabtu (14/10/2023) dan dihadiri oleh Bupati Kab. Inhil, Ketua Tim Penggerak PKK, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Deputi Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah II, Pimpinan BPJS Kesehatan Kabupaten Inhil, perwakilan kepala UPT Puskesmas Se-Kabupaten Inhil, unsur Forkopimda Kab. Inhil, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Inhil juga undangan lainnya.


    UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan semua penduduk atau paling sedikit 95% dari seluruh penduduk telah terdaftar sebagai Peserta Program Jaminan Kesehatan semesta dan memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan baik promotif, prenventif, kuratif dan rehabilitasi bermutu dengan biaya terjangkau.


    Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial kesehatan bagi masyarakat.


    "Dengan adanya program ini UHC, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan dalam mengakses sarana kesehatan. Agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa menemui hambatan finansial,” ujarnya


    Ia menambahkan bahwa Kabupaten Inhil berusaha keras dalam mencapai UHC di Kabupaten Inhil, yang saat ini telah tercapai dengan persentase 96.44% masyarakat Inhil yang telah tercover program Jaminan Kesehatan Semesta melalui BPJS Kesehatan, dengan sumber pendanaan  dari budget sharing antara Pemprov. Riau sebesar 55% dan Kabupaten sebesar 45%. 



    "Ini merupakan langkah dalam menyamaratakan pelayanan kesehatan ditengah masyarakat tanpa adanya diskriminasi, dibeda – bedakan dalam proses pelayanan kesehatan, dengan adanya UHC ini, siapapun, selama dia punya KTP ketika sakit silahkan dapatkan pelayanan di rumah sakit,” ujarnya.



    Adapun data yang dipaparkan kepala dinas kesehatan kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri SKM MKI dalam laporan menyatakan bahwa sampai dengan tanggal 1 Oktober 2023 jumlah kepesertaan Kabupaten Inhil sudah mencapai 96,44%.


    “Dengan tercapainya UHC di Kabupaten Inhil maka dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama meningkatkan akses pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan Kesehatan,” ujarnya


    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Inhil atas komitmennya memberikan pelayanan yang bermutu bagi masyarakatnya.


    Menurut beliau dengan adanya UHC ini setiap masyarakat yang memiliki KTP Kabupaten Inhil akan mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.


    Semoga UHC yang telah dicapai oleh Kabupaten Inhil dapat menjadi contoh dan semangat bagi Kabupaten lainnya untuk segera mencapai UHC.


    "Kabupaten Inhil telah berhasil mencapai UHC. Semoga ini menjadi penyemangat bagi pemerintah lain yang belum UHC dapat mencapai tujuannya,” tuturnya.



    Reporter: Ade Prasetya 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +