• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Hari Pangan Sedunia Tahun 2023

    , Oktober 16, 2023 WIB Last Updated 2023-10-16T06:07:06Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, Dalam rangka Memperingati Hari Pangan Sedunia, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DPTPHP) Berkolaborasi bersama Badan Pangan Nasional (BAPANAS), Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Badan Urusan Logistik (BULOG), IDFOOD, Sinergi Bersama, Melaksanakan Kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang Bertempat Di Halaman gedung multiyear Jl. Swarna Bumi Tembilahan, Senin (16/10/2023) pagi.


    Dihadiri Wabup Kabupaten Indragiri Hilir, unsur forkopimda, para kepala OPD, para distributor pangan dan tamu undangan lainnya.


    Adapun dari wawancara Wabup Inhil serta melakukan peninjauan stan stan penjualan bahan pokok dalam kegiatan gerakan pangan mengatakan, Ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan serta menekan inflasi di tengah melonjaknya harga kebutuhan pokok dampak kemarau panjang el nino atau kemarau saat ini.


    "Saya berharap pasar pangan murah yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh masyarakat Inhil untuk mendapatkan kebutuhan pangan berkualitas dengan harga murah," ungkap Wabup Inhil


    Dimomen ini juga Wabup menyampaikan harapannya agar masyarakat Inhil dan sekitarnya dapat memanfaatkan momen yang berlangsung untuk memenuhi kebutuhan dapur.


    Selanjutnya diakhir Wabup menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berkontribusi atas penyelenggaraan GPM sehingga berjalan sukses.


    Adapun dalam wawancaranya Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DPTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir, Umar Hamdi. mengatakan bahwa GPM di waktu dan hari yang sama dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.


    Gerakan Pangan Murah (GPM) tersebut ditujukan untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan pokok dengan harga murah atau terjangkau. Selain itu, untuk menjaga ketersediaan pasokan komoditas pangan serta mendekatkan dengan masyarakat secara langsung.


    "Di waktu dan hari yang sama kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, untuk di Inhil kita laksanakan hanya hari ini dengan menyediakan sejumlah komoditas yang disediakan seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula serta teh, dan telur ayam ras, adapun juga bawang serta cabe yang dijual dengan harga murah tuturnya," tuturnya.


    Lanjutnya menambahkan semua kebutuhan pokok yang disediakan dijual dengan harga murah sehingga terjangkau bagi masyarakat, adapun rincian harga bahan pokok minyak atau minyak curah Rp.14.000/kg, tepung beras Rp.6.500/kg, tepung ketan Rp.9.500/kg, cabe kering Rp.75.000/kg, cabe rawit Rp.40.000/kg, cabe merah Rp.35.000/kg, bawang merah Rp.15.000/kg, bawang putih Rp.30.000/kg, telur ayam ras Rp.42.000/papan, gula pasir kemasan 1 kg Rp.14.000, 2 kg Rp.28.000, 5 kg Rp.70.000, beras dengan merk yang berbeda dengan harga yang berbeda pula dengan harga jangkauan Rp.100.000 - Rp.200.000 lebih.


    "GPM ini memberikan kesempatan bagi masyarakat guna berbelanja bahan pangan dengan harga yang murah dan terjangkau,” tutupnya.


    Salah seorang warga, Sapura, mengaku sangat terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah tersebut karena menyediakan komoditas pangan seperti beras dengan harga terjangkau. 


    "Terimakasih banyak atas adanya kegiatan pasat murah ini, kegiatan ini sangat membantu tentunya untuk saya karna harga nya lebih murah atau terjangkau, yang mana beras dijual dengan harga murah tetapi kualitas nya bagus, seperti saya yang berprofesi sebagai pedagang menjual nasi dengan adanya pasar murah ini sangat terbantu, semoga kegiatan ini terus berlangsung kedepannya," ujarnya


    Selain gerakan pasar murah, DPTPHP Inhil berikan bantuan berupa beras cadangan pangan pemerintah (CPP) dalam rangka antisipasi kerawanan pangan pasca bencana.


    Reporter: Ade Prasetya 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +