• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dinkes Inhil Beri Paparan Terkait Sehat Jiwa Kunci Hidup Berkualitas

    , Agustus 05, 2023 WIB Last Updated 2023-08-06T11:36:25Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, Dinas kesehatan kabupaten indragiri hilir (Dinkes inhil) Beri himbauan terkait Sehat jiwa kunci hidup berkualitas, Sabtu (05/08/2023).

    Dalam paparan nya kadinkes inhil Rahmi indrasuri,SKM., M.KL mengatakan ada beberapa hal tentang sehat jiwa kunci hidup berkualitas. 

    " Dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, kesehatan adalah sehat , baik secara fisik ,mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis,"ujarnya


    Di ketahui pula sehat jiwa adalah suatu kondisi di mana seseorang, menyadari sepenuhnya kemampuan dirinya, mampu menghadapi stres kehidupan yang wajar, mampu berkerja secara produktif dan memenuhi kebutuhan hidup nya, dapat berperan serta dalam lingkungan hidupnya, menerima dengan baik apa yang ada pada dirinya dan merasa nyaman dengan orang lain.

    Masalah kesehatan jiwa rentan terjadi kepada, anak dan remaja, dewasa dan lanjut usia, mereka yang hidup di daerah konflik, mereka yang kehilangan kebebasannya, mereka yang mengalami gangguan/penyakit fisik yang kronik dan mereka hidup di daerah bencana.

    "Jenis dan gejala gangguan jiwa, gangguan Psikotik (gangguan jiwa berat) terdapat beberapa gejala seperti, waham atau halusinasi, perilaku yang aneh atau tidak masuk akal, pembicaraan yang kacau dan tingkat laku agresif, dan pada gangguan Perasaan terdapat gejala seperti peningkatan atau penurunan perasaan yang dapat menyebabkan perubahan proses berpikir dan perilaku," ujarnya 

    Terakhir di tambahkan pula mengatasi gangguan jiwa dengan cara, meningkatkan iman Dan taqwa , mencurahkan isi hati (curhat), kemarahan di salurkan melalui kegiatan positif (olahraga,seni), konsultasi, konseling/terapi dan rujuk.

    "Untuk kesehatan jiwa mendapat pertolongan bisa melalui puskesmas (perawat kesehatan jiwa,Dr PG+),rumah sakit umum , rumah sakit jiwa, pemuka agama dan masyarakat," tutupnya. (ADV)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +