• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pengantin Sahur: Tradisi Menarik saat Ramadhan di Desa Pulau Palas

    , April 16, 2023 WIB Last Updated 2023-04-15T22:23:04Z
    NARASIRIAU.COM - INHIL, Masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memiliki tradisi di bulan Ramadan yang unik. Mereka menggelar festival 'Pengantin Sahur',
    Acara ini digelar masyarakat di Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Minggu (16/4/2023) 

    Menjelang sahur. Banyak masyarakat menyaksikan tradisi turun temurun sejak era tahun 70-an yang selalu digelar pada bulan Ramadan.

    Budaya 'Pengantin Sahur' ini bertujuan untuk membangunkan warga agar tidak telat makan sahur. Tradisi ini, diramaikan 10 pasangan pengantin dari berbagai utusan desa.

    Para pengantin ini, dirias begitu cantik dan tampan tak ubahnya sepasang pengantin betulan. Setiap pasangan dirias oleh perias pengantin dengan mengenakan layaknya baju pengantin. 

    Setelah mereka dirias apik, mereka pun bersiap bersaing dengan pasangan lainnya di depan tim penilai. Mereka diarak bersama-sama berkeliling kampung sambil membangunkan sahur.

    Pemenangnya, tentunya akan dilihat dari keserasian pasangan pengantin. Saat 10 pasangan pengantin ini diarak, ratusan masyarakat menyambut dengan suka cita. Mereka berkeliling kampung dengan ditabuh gendang, serta alunan musik.

    Setiap pasangan pengantin diarak di atas gerobak kecil yang telah diberi roda. Di atas gerobak itu dihias menjadi tempat pelaminan dengan hiasan pernak pernik lampu warna. Daya listrik untuk lampu disalurkan lewat genset yang posisi di belakang gerobak pengantin. Gerobak pengantin inilah, berkeliling kampung yang diarak ribuan masyarakat. 

    Reporter: Ade Prasetya 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +