• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gelar Publikasi Stunting Baksos IBI, Bupati Inhil Harapkan Ini

    , November 28, 2022 WIB Last Updated 2022-11-28T03:44:57Z

    NARASIRIAU.COM - INHIL, Publikasi Stunting Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dengan Tema "Bersama Kita Cegah dan Tanggulangi Stunting", berlangsung di lapangan Gajah Mada, Senin (28/11/22)

    Terkait sempena peringatan hari kesehatan nasional ke- 58 yang mengangkat tema "peranan dalam penanganan intervensi stunting" ibi cabang Indragiri Hilir melaksanakan bakti sosial dengan berbagai kegiatan diantaranya pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan tambahan, senam dan donor darah, dengan sasaran balita stunting, baduta (anak dibawah usia dua tahun), remaja putri, wanita pra nikah, ibu hamil dan masyarakat.

    kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini tentunya merupakan upaya kita dalam memberikan hak masyarakat untuk secara gratis dan mendapatkan pelayanan kesehatan.

    Dibuka secara resmi oleh Bupati Inhil dan dalam sambutannya menyampaikan " saya atas nama pemerintah kabupaten indragiri hilir sangat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Indragiri Hilir, Sempena Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tahun 2022," ujarnya

    Lebih lanjut dikatakan, menyadari sepenuhnya betapa penting peran bidan sebagai mitra terdekat dalam kehidupan ibu, bayi dan anak. bidan adalah garda terdepan dalam membentuk generasi terbaik bangsa, dan merupakan profesi yang sangat memiliki andil besar terkait dengan periode emas anak atau 1.000 hari pertama kehidupan, karena di periode bidan akan selalu memberi pendampingan kepada ibu maupun sang bayi.

    " Permasalahan stunting merupakan salah satu fokus perhatian bagi pemerintah dalam bidang kesehatan, pemerintah telah meluncurkan strategi percepatan penurunan stunting, di mana salah satu pilarnya yaitu menekankan pentingnya konvergensi intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif di tingkat pusat, daerah dan desa," tulasnya

    Penanggulangan stunting melalui pendekatan lintas sektor menjadi solusi dan sebagai sebuah langkah konkrit. pendekatan lintas sektor ini melibatkan berbagai pihak antara lain pemerintah pusat dan pemerintah daerah, lembaga sosial kemasyarakatan dan keagamaan, akademisi, dan media massa. memang upaya penanggulangan stunting tidak mudah dilakukan, karena banyak melibatkan pihak dengan kepentingan.

    Adapun angka stunting provinsi riau pada tahun 2021 tercatat berada di posisi 22,3%, sementara untuk kabupaten Indragiri Hilir berdasarkan data dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir per desember 2021, angka stunting Indragiri Hilir berada pada posisi 3,15%. dan upaya penaggulangan pendekatan stunting melalui lintas sektor adalah keniscayaan yang memang harus kita lakukan.

    " oleh sebab itu melalui kesempatan ini saya mengajak kepada kita semua, untuk melakukan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan harapan pelayanan yang dilakukan dapat menyentuh masyarakat terutama berada di daerah terpencil, perbatasan dan pesisir, yang selama ini masih kurang terakses pelayanan rutin pada klinik di puskesmas dan puskesmas pembantu, terutama bagi keluarga rentan, kurang mampu/miskin," tutupnya.

    Reporter: Ade Prasetya 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +