• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Penumpang Pelabuhan Tembilahan Diprediksi Melonjak Pada Arus Lebaran Tahun Ini

    Redaksi
    , April 13, 2022 WIB Last Updated 2022-04-13T12:55:57Z



    NARASIRIAU.COM, TEMBILAHAN,- Lonjakan penumpang diprediksi terjadi di Pelabuhan Pelindo Tembilahan pada arus mudik lebaran tahun 2022, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi angkutan lebaran yang di prediksi akan terjadi lonjakan penumpang baik dari tembilahan dengan tujuan kepulauan Riau (Kepri) atau sebaliknya .


    Kepala KSOP Tembilahan Capt Suratno menuturkan, prediksi lonjakan  arus mudik Lebaran di tahun 2022 atau Idulfitri 1443 Hijriyah ini naik sekitar 100 persen dari tahun 2021.


    Sejak Dalam 2 tahun terakhir selama pandemi covid 19 melanda tanah air, Pelabuhan Pelindo Tembilahan tidak ada aktifitas karena masa pengetatan larangan mudik.


    "Untuk saat ini kita prediksi naik signifikan. Kapal yang kami siapkan  sudah lebih dari biasanya dari sebelum pandemi. Saat ini kapal 3 kali pemberangkatan dan kedatangan, sebanyak 3 kapal dengan kapasitas hampir sekitar 250 penumpang," ungkap Suratno Selasa (12/4/22).


    Menurut Suratno, lonjakan penumpang prediksi terjadi karena pada tahun ini Pemerintah Pusat tidak memberlakukan pengetatan larangan mudik bagi pelaku mudik seperti sebelumnya.


    Namun Suratno tetap mengingatkan, para pelaku perjalanan atau calon penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut di Pelabuhan Pelindo Tembilahan untuk memastikan kelengkapan persyaratan-persyaratan perjalanan, sesuai dengan edaran dari gugus tugas komite nasional maupun dari surat edaran direktur jenderal perhubungan laut.


    Ketentuan yang dimaksud, yaitu, bagi yang sudah melaksanakan vaksin dosis ke III (booster) dapat melakukan perjalanan tanpa adanya dokumen-dokumen Rapit tes (RT), PCR dan antigen.


    "Jadi dapat dibebaskan dari tes hanya dengan dengan memastikan dirinya dalam kondisi sehat dan menunjukan surat vaksin booster. Untuk yang baru memiliki dosis I dan II serta belum sekalipun vaksin, maka wajib di lengkapi dokumen tersebut diatas, baik yang berlaku 1 x 24 jam maupun hasil tes yang berlaku 3 hari," jelasnya.


    Capt Suratno berharap kepada calon penumpang yang akan melalui Pelabuhan Pelindo Tembilahan maupun akan tiba di pelabuhan tembilahan dapat melengkapi dokumen-dokumen tersebut.


    "Kita imbau dan harap untuk mengikuti persyaratan yang mana agar tidak merepotkan kepada calon penumpang pada saat tiba maupun pada saat keberangkatan," pungkasnya.(RLS) 



    Reporter: Ade Prasetya

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +