• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Kemenkumham Riau Gelar Sosialisasi UMK Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional

    Redaksi
    , Maret 02, 2022 WIB Last Updated 2022-03-02T07:17:49Z


    Narasiriau.com - Indragiri Hilir, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Riau Gelar acara sosialisasi dengan tema "perseroan perorangan sebagai salah satu wujud legalitas bagi UMK Dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional" yang dilaksanakan di salah satu hotel dijalan Abdul Manaf, Tembilahan, Selasa (1/3).


    Turut Hadir Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau melalui Kepala divisi Pelayanan Hukum dan HAM Riau Siti Cholistyaningsih SH.MH dan Juga Dinas Koperasi dan usaha kecil dan menengah Kabupaten Indragiri hilir, dan juga 80 peserta pelaku UMKM.


    Ketua Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau mengatakan UU Cipta kerja memiliki konsep untuk memudahkan masyarakat khususnya usaha mikro kecil (UMK) untuk membuka usaha baru,regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit akan  dipangkas , perizinan usaha untuk usaha Mikro Kecil tidak diperlukan lagi hanya pendaftaran saja. Hal ini akan diwujudkan pada perseroan perorangan.


    "Perseroan perorangan adalah wujud  implementasi dari UU Cipta Kerja dimana didirikan oleh satu orang dan memiliki satu pemegang saham. Perseroan  perorangan hanya dapat didirikan untuk Usaha Mikro dan Kecil dengan modal dasar yang tidak di tentukan."ujarnya.


    Serta konsep perseroan perorangan ini memiliki berbagai kelebihan, sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang modal dasar perseroan serta pendaftaran pendirian, perubahan, dan pembubaran perseroan yang memenuhi kriteria untuk usaha mikro dan kecil.


    "Kelebihan tersebut diantaranya pemisahan kekayaan pribadi dan perusahaan, sekaligus memudahkan para pelaku usaha dalam mengakses pembiayaan dari perbankan", jelasnya.


    Dimana Pelaku usaha yang mendirikan perseroan Perorangan juga dibebaskan dari kewajiban untuk mengumumkan dalam tambahan berita negara sebagai bentuk penyederhanaan birokrasi dan pelaku usaha diberi pembebanan pajak yang murah.


    Terakhir beliau mengucapkan terimakasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan ini. "Semoga dapat menjalankan tugas ini dengan baik, sehingga acara hari ini dapat berlangsung tanpa kendala apapun",tutupnya. 


    Reporter: Ade Prasetya

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +