• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Publikasi Hasil Pengukuran Kelurahan Sapat Kecamatan Kuala Indragiri

    Redaksi
    , Desember 31, 2021 WIB Last Updated 2022-02-07T13:09:31Z



    Narasiriau.com, tembilahan,-  Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi dibawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.


    Grafik perbandingan angka stunting tahun 2020 dan 2021 pada Kelurahan Sapat Kecamatan Kuala Indragiri. menunjukkan bahwa terjadi penurunan persentase balita Stunting secara signifikan di tahun 2020 19.89% dan tahun 2021 5.07%.


    Hal ini menunjukkan adanya konvergensi program/intervensi upaya percepatan pencegahan stunting telah mampu menurunkan presentase balita stunting di kelurahan Sapat Kecamatan Kuala Indragiri.


    Kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) atau diseby juga Stunting, akibat dari kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).  Prevalensi stunting di kelurahan Sapat Kecamatan Kuala Indragiri mengalami penurunan.


    Diketahui, Faktor Determinan dapat dilihat yang Memerlukan Perhatian, seperti

    partisipasi orangtua yang sangat perlu dan penting untuk membawa anaknya ke posyandu kurang, faktor sosial ekonomi keluarga, kurang nya akan pengetahuan, akses air bersih dan jamban.


    masih ada balita yang belum mendapat imunisasi lengkap, riwayat ibu hamil pada masa kehamilannya kurang baik.


    Lebih lanjut dikatakan , stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi dan tidak terpantau kesehatannya karena tidak memeriksakan kehamilannya secara teratur, serta adanya penyakit penyerta ada sebagian remaja putri yang masih belum mau mengkonsumsi TTD secara teratur.


    Kelompok Sasaran Beresiko seperti Remaja putri, Calon Pengantin, Pasangan usia subur (PUS), Ibu Hamil, Bayi, dan Usia Bawah dua tahun (Baduta).


    Upaya yang telah dilakukan atau Program Inovasi Gerakan Satu Hati (GSH), Sosialisasi ASI Ekslusif, Pendidikan Gizi untuk Ibu Hamil, Pemberian TTD, untuk Ibu Hamil dan Remaja Putri, Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Pemberian Makan pada Bayi,dan Anak (PMBA). Serta Memantau Tumbuh Kembang Anak Rutin (Posyandu) dan Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).(Rls) 


    Reporter:Ade Prasetya 

    Editor : Erik Septian

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +