• Jelajahi

    Copyright © Narasi Riau
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Publikasi Hasil Pengukuran Kecamatan Kuala Indragiri

    Redaksi
    , Desember 31, 2021 WIB Last Updated 2022-02-07T13:12:14Z

     


    Narasiriau.com, Tembilahan,  - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah lima tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).  Prevalensi stunting di Kecamatan Kuala Indragiri mengalami penurunan.


    stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi dan tidak terpantau kesehatannya karena tidak memeriksakan kehamilannya secara teratur, serta adanya penyakit penyerta ada sebagian remaja putri yang masih belum mau mengkonsumsi TTD secara teratur.


    Grafik perbandingan angka stunting tahun 2020 dan 2021 pada Kelurahan Kecamatan Kuala Indragiri. menunjukkan bahwa terjadi penurunan persentase seluruh nya kecamatan Kuala Indragiri secara signifikan ada penurunan di tahun 2020 10,71% dan tahun 2021 10,51%.


    faktor yang mempengaruhi ada beberapa hal, pertama adalah lingkungan, ke dua pola asuh, tiga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan yang ke empat Kesehatan Reproduksi.


    Sedangkan untuk kelompok sasaran yang beresiko dan perlu diperhatikan juga ada beberapa diantaranya remaja putri, calon pengantin, Ibu Hamil, dan balita.


    Maka dari itu seperti upaya yang dilakukan Program Inovasi Gerakan Satu Hati (GSH) Gerakan Satu Hati (GSH) merupakan upaya massive dengan menggerakkan seluruh komponen masyarakat, pemerintah hingga swasta. Gerakan ini mengajak seluruh lapisan masyarakat, dimana hasilnya digunakan untuk pemenuhan gizi anak-anak terutama balita. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan terbatasnya anggaran pemerintah, termasuk untuk kebutuhan penanggulangan stunting. Serta Sosialisasi ASI Ekslusif, Pendidikan Gizi untuk Ibu Hamil, Dan Pemberian TTD untuk Ibu Hamil dan Remaja Putri, Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Pemberian Makan pada Bayi,dan Anak (PMBA), Serta Memantau Tumbuh Kembang Anak Rutin (Posyandu), Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).(Rls)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini


     


     

    Olahraga

    +